Arti Sebuah Nama

Seringkali orang berkata, "Apalah arti sebuah Nama??"
Namun hal itu tidak berlaku di Bali. Hal ini dikarenakan di Bali orang-orang sebelum diberi nama melalui proses upacara dulu. Apabila nama yang diberikan tidak sesuai dengan orangnya maka dapat menimbulkan hal-hal yang kurang menyenangkan. Seperti sakit, dan seringkali tertimpa kesialan, bahkan menurut kepercayaan ada yang sampai meninggal. Maka dari itu jangan macam-macam dengan nama...

Sama halnya dengan namaku, Luh Putu Estalita. Iseng-iseng aku bertanya pada keluargaku mengenai makna dari nama tersebut. Terlebih kedua nama paling depanku yang agak sedikit unik.  Akhirnya kutahu jawabannya dari bibikku. Secara harfiaf nama "Luh" pada namaku berarti anak perempuan pertama, dan "Putu" juga berarti anak pertama. Ini cukup membuatku penasaran karena namaku bertumpuk. usut punya usut, ternyata bibikku mengatakan bahwa sejarahnya berasal dari keluarga bapakku.  Sebanyak 2 keturunan anak yang diberi nama "Putu" saja diawalnya, keduanya mengalami kematian. Maka dari itu, namaku diberi imbuhan "Luh" untuk menghindarkan kemalangan menimpaku.

Unik memang bahkan cenderung agak tidak masuk akal. Namun setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda. tergantung bagaimana manusia berusaha untuk menyikapinya. Bagaimana pendapatmu???

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diary diatas kanvasku

Sederet Lirik Lagu Yang Kuingat