Tentang Menggerakkan Langkah Kaki Pertama untuk Menuju Suatu Perubahan...

Hari itu tanggal 5 Oktober 2010, di Baliq tercinta.... hari ini adalah hari keberangkatanku ke Belgia untuk mengemban tugas mulia mengenai program Healthy Food Healthy Living. Saat itu aku terbangun pukul setengah 8 pagi, tak sabar rasanya untuk segera berangkat, namun tak dapat dipungkiri juga hatiku terasa sedih meninggalkan tanah air tercinta.... Seluruh keluarga besarku ikut mengantarku ke bandara. Mereka sangat exited dengan apa yang aku lakukan. Finally aku berangkat ke bandara ngurah rai pukul 10.00 WITA, dan 10.30 aq dan keluargaku tiba di bandara. Awalnya kukira akulah yang pertama tiba di bandara, ternyata team leadq norma juga sudah tiba disana. Oleh karena teman-teman yang lain belum berdatangan kami menunggu teman-teman duta yang lain. Sekitar pukul 11.30 akhirnya semua tiba dan akhirnya tiba waktunya kita untuk check-in. Saat perpisahan dengan keluarga rasanya biasa aja, karena cepet-cepetan takut ditinggal hehehe, tapi begitu menunggu lama di ruang tunggu sebelum masuk ke pesawat rasanya sedih sekali.... rasanya ingin kembali mencari keluarga untuk bersama-sama mereka lagi. Namun perasaan itu dengan segera dapat diatasi, dengan berjalan-jalan disekitar ruang tunggu. Dan akhirnya aq juga dapat menelepon orangtuaku lega rasanya dapat mendengar suara mereka dan mereka terdengar sangat bahagia, jadi perasaankupun tenang. Pukul 13.10 WITA pesawat ke Jakarta pun berangkat, walaupun sebelumnya sempet delay selama 20 menit. Tapi akhirnya qta (aq, putri, norma, ester, kania, pradnya, bunga, lulu, dan mbak inge) berangkat ke bandara soekarno hatta jakarta.
Selama perjalanan tak banyak yang dapat aq lakukan. aq hanya tidur dan menikmati hidangan yang disediakan, dan tentu saja sedikit berbincang-bincang. aq sangat mengantuk mengingat kemarinnya aq tidur baru jam 1 pagi fiuhhhh...... Setibanya di bandara soekarno hatta... setleah mengambil baggage kami, akhirnya kami bertemu dengan ambassador lainnya yang berangkat dari solo. Disana kami berbincang-bincang cukup lama, sambil menunggu jadwal check-in ke abu dhabi.... ternyata di bandara soekarno-hatta sudah ditunggu oleh keluarganya bunga yang mambawakan kami sebuah bungkusan yang sangat lezat. Ya kami dibawakan makanan (nasi uduk) wiiihhhh enaknya..... hmmmm kami makan rame-rame.... tak peduli dengan orang-orang berlalu lalang yang penting kami bisa menikmati makan siang yang sangat lezat ini.....
Setelah makan siang, kami melanjutkan dengan berjalan-jalan kecil diareal bandara soekarno-hatta.Namun itu tidak berlangsung lama, karena waktu yang kita miliki sangat sempit....Tapi disana ada beberapa hal yang unik yang baru aq temui disana seperti misalnya mesin minuman, mesin koran, dan telepon umum yang sangat unik mirip seperti ransel anak sd. wiihhhh lucunya.....
karena waktu sudah mununjukkan kita untuk dapat segera check-in akhirnya kita check-in untuk flight ke brussel tapi sebelumnya transit dulu di abu dhabi. Wihhhh ternyata administrasinya cukup buat ribet.... mulai dari timbang luggage, timbang hand carry, check passport, bayar tax, dll yahhh lumayan ribet lah.. but finally kami terbang ke abu dhabi....dan perjalanan kali ini merupakan perjalanan yang cukup panjang yang harus kami lalui. karena kami harus berada dalam pesawat dalam waktu kurang lebih sekitar 10 jam. Wahhh mampus gilaaaa dah.... but anyway ternyata tak seburuk yang dibayangkan. hal ini karena jiwa sleepyku kambuh jadi selama perjalanan di pesawat mayoritas aq tidur... walopun sedikit ada bincang-bincang juga sie and main game pastinya..... akhirnya tiba-tiba nyampe dah di abu dhabi.... dipesawat kami mendapat makanan yang terbilang baru bagi aq... namun rasanya cukup familiar dan aq dapat mengonsumsinya...
Oya mengenai penyakit ringitisku untunglah gak kambuh..... karena berkat bantuan ear plug.... tapi sayangnya posisi pinggangku tidak PW sehingga sempat membuat tidak nyaman bahkan terasa mual... tapi semua dapat teratasi dengan baik.... finally kita arrive di abu dhabi jam 2.30 waktu abu dhabi
Setibanya disana kita tidak langsung check-in menuju ke pesawat selanjutnya yaitu pesawat yang satu maskapai dengan pesawat yang baru kami naiki yaitu etihad.... karena kita masih punya cukup banyak waktu dan gatenya juga belum dibuka. Kami jalan-jalan terlebih dahulu sekitar sana. Tempatnya sangat luar biasa. Kamar mandinya sangat besar dan bersih, banyak sekali terdapat toko-toko yang mewah disana dan juga makanan..... Disana juga ada yang jual lolipop segede gaban... weleh-weleh berapa tahun makannya untuk bisa menghabiskannya ya..... selain itu di airport abudhabi mendukung aksi/gerakan save power jadi hampir disepanjang koridor terdapat advertise mengenai turn off... baik itu turn off lamp maupun turn off lampu.

Tak lupa disana juga ada internet corner yang cukup banyak sehingga banyak pula penumpang yang menunggu check-in menggunakan internet tersebut. dan realitanya mayoritas dari mereka membuka facebook. Wah wah rupanya jejaring komunikasi sosial dengan facebook sudah sangat merajalela dan tidak dapat dipungkiri sudah menjadi sebuah kebutuhan, selain itu masih cukup banyak sesuatu yang menarik yang dapat kita lihat disana. Mulai dari orang-orangnya yang mayoritas disana menggunakan pakaian untuk naik haji... mengingat disana adalah airport tujuan untuk menuju ke tempat naik haji. Sesuai dengan ciri khasnya Arab sebagai negara yang terkenal dengan unta dan palm maka disana pun terdapat miniatur unta dan juga palm yang ditampung dalam pot besar... Banyak sekali hal-hal menarik yang dapat kita ketahui di abu dhabi dan itu sangat exited.
Selain itu ada beberapa hal yang unik yang terjadi yang menjadikan itu sebagai bagian dari cultural shock. Ketika itu temanku ada yang berfoto dengan penduduk setempat yang menggunakan sorban ala Arab. Awalnya semua berjalan baik-baik saja. namun ketika temanku lagi satu ada yang berfoto dengan penduduk itu memasang jari V langsung ditutupi. Apakah ini artinya, dan anehnya penduduk itu yang meminta maaf, bahkan ia tidak mau berfoto lagi... INi membuat kami sangat bertanya-tanya mengenai pengertian dari kejadian itu. Selain itu disisi lain saya mendengar beberapa sindiran mengenai orang yang menggunakan celana pendek. Mereka tampak sangat terganggu, padahal mereka sendiri tampaknya bukan dari penduduk setempat namun ia berkomentar yang bisa terdengar cukup pedas. tapi itu tak berlangsung lama karena karena orang yang bercelana pendek itu pun berlalu. Setelah lelah kami berjalan-jalan akhirnya kami memutuskan untuk menunggu di tempat menunggu. Disana beberapa dari temanku ada yang bercakap-cakap dengan penumpang lain yang aslinya dia dari belgia. wah langsung aja mereka nanyain tips tips untuk berada di belgia dan juga beberapa bahasa belgia yang cukup mudah untuk di ucapkan.
Beberapa saat menunggu akhirnya kami dipanggil untuk melakukan passport check. Ternyata antreannya tidak terlalu panjang. setelah melakukan passport check kami pun check-in ke pesawat selanjutnya... disana kami serombongan duduk terpisah ada yang duduk di bagian depan, tengah bahkan dibagian belakang. Untuk saat ini aku duduk di kursi belakang sebenarnya dideretan itu aku mendapat posisi duduk ditengah, namun karena aq merasa akan sangat sulit bergerak di bagian tengah aku meminta duduk dibagian aisle dengan temanku dan ia mengijinkannya. Ternyata dari kami masuk pesawat kami sangat lama menunggu tampaknya pesawat delay sekitar sejaman lebih. Namun finally kami berangkat pada saat berangkat aku langsung tertidur pulas. Entah mengapa rasanya mengantuk sekali. Beberapa saat kemudian aku terbangun dan ngobrol sedikit dengan ester. setelah itu selama perjalanan sebagian besar aku menghabiskan waktuku dengan menonton film yang sangat romantis dan sedih bahkan lucu. wah wah seru banget..... dengan menonton itu cukup menyita cukup lama waktu.... akhirnya beberapa saat lagi kami akan nyampe. Sambil membunuh waktu (wih kejamnya) aq maen backgammon. weleh-weleh curang banget tuh komputernya.... masak sengaja banget diatur biar dia yang menang. bete aq... eh beberapa saat kemudian makan pagi datang... hmmm makanannya cukup enak. Setelah itu rencananya aq mau gosok gigi ehhh malah disuruh duduk di tempat karena sebentar lagi akan mulai turun dari ketinggian. Wah gak jadi dech gosok gigi nie... Disana kita bisa melihat lagi seberapa jauh pesawat dari bendaranya bahkan kita bisa melihat keadaan diluar karena diluar ada kamera....Sambil masih melihat kamera yang ada akhirnya kami landed... wihhh senangnya finally we arrive in brussel.
Ketika keluar dari bandara diadakan passport check hampir saja ada masalah. karena kami merupakan group namun kami terpisah-pisah namun semua dapat teratasi dengan mudah. Setelah itu kami melakukan passport check dan mengambil baggage kami... dan akhirnya kita keluar... disana kami disambut oleh ellen, cozy dan beberapa teman-teman zuidag lainnya.

Kami menuju ke mobil dan berangkat ke tempat penginapan kami... Kami menginap di waterman, sebuah tempat menginap yang youth banget... wah tempatnya cozy banget... keren dah, katanya sie kamarya itu dibuat oleh para pemuda-pemuda di belgia dan wah tempatnya tuhh bener-bener untuk kaum muda banget... keren... Sampai disini kita menaikkan barang-barang melalui tangga dan itu kami menaikkan koper yang berat-berat weleh-weleh beratnya... tapi finally bisa juga semuanya diangkat. truz kami berkumpul di tempat kaya aula, disana kita makan snack dan dibagi kekamar-kamar kami. Aku sekamar dengan putri, norma, beta, dan pradnya.

wihh sampe kamar biasa explore dulu wah ternyata toilet dan kamar mandi dipisah dan disini kamar mandinya ndak ada airnya... ya belajar dah pake toilet kering. Pukul 13.30 kami makan siang. Makannya roti, chesee, and ham... wihh lezat tak lupa juga soup vegetable. Hmmm yummy. karena sekarang jadwal piketku jadi aq, pradnya dan ade punya giliran untuk bersih-bersih kami nyuci piring dan dibantu beberapa teman juga. Nah setelah itu kami menuju kamar untuk membersihkan diri. beberapa saat kemudian mulai berdatangan temen-temen belgia yang lain seperti marriam, marry, thyron, dan julian. setelah itu aku mau jalan-jalan kecil ehh ternyata gak berani keluar hotel weleh-weleh cape dech.... Pukul 18.30 waktu brussel kita menunjukkan presentasi ke orang-orang zuidag. Dan kita akan mendiskusikannya besok harinya. Setelah itu kami makan malam bersama. Wihhh enaknya kami makan nasi hmmm yummy. Seperti biasa rutinitas sebelum makan cuci piring dan setelah itu kami manuju ke kamar masing-masing bersiap untuk bergelung di tempat tidur masing-masing. Pukul 21.30 akhirnya kutertidur... zzzzzz... gud nite everyone.... zzzz "perjalanan yang penuh dengan sesuatu yang baru... hmmm sangat menyenangkan... ^_^, dan bersiap menyambut hari esok yang lebih menyenangkan"